Sudah tahu jika saat ini peran motion graphic designer tengah menjadi incaran banyak perusahaan di mana saja? Tidak aneh memang, sebab dunia digital memang tengah berkembang pesat beberapa waktu terakhir hingga hari ini. Profesi motion graphic designer sangat kritikal dengan hal videography demi menunjang keperluan branding dan marketing di era digital pada banyak bisnis.

Pekerjaan ini memiliki prospek karir yang luar biasa menjanjikan bagi siapa pun. Gaji yang menggiurkan ditambah bonus yang diberikan masing-masing perusahaan berdasarkan kebijakan, membuat profesi ini menjadi salah satu pekerjaan impian bagi banyak orang.

Mengapa Motion Graphic Penting?

Di dalam keperluan branding dan marketing, videography telah menjadi salah satu media yang paling efektif untuk memperkenalkan sebuah brand termasuk di dalamnya produk, jasa, dan layanan ditawarkan kepada masyarakat. Motion graphic memiliki keterkaitan dengan video karena, di dalam video terdapat unsur-unsur tambahan atau efek khusus yang menambah detail dan pemaparan branding dalam video menjadi lebih dinamis dan menarik.

Selain itu, teknologi motion graphic akan terus berkembang dan membantu brand dalam bercerita kepada audiens dengan cara yang berbeda dan menyajikan pesan yang menarik. Motion graphic bisa digunakan untuk beragam jenis, tujuan, dan gaya yang berbeda, seperti misalnya:

1. Menyajikan informasi

Motion graphic dapat menyajikan tampilan informasi kepada publik dengan cara yang lebih menarik dan atraktif, sebab mudah dicerna. Tampilan animasi dengan motion graphic dapat mengombinasikan antara suara dan teks. Sehingga tidak membosankan, hal ini akan berbeda jika Anda menerapkan informasi kepada masyarakat hanya melalui teks biasa saja.

2. Film dan Video

Motion graphic dapat Anda temukan dalam penerapannya di industri film dan video. Dalam film atau video, Anda pasti sering melihat tampilan judul yang menarik yang tertera di awal pembukaan film atau video. Terkadang juga disertakan di akhir film, yang disebut credit scene. Tampilan judul yang bergerak ini fungsinya untuk membuat audiens terkesan. Sebab, apabila judul atau credit scene dibuat secara standar, akan membosankan audiens pada saat menonton.

3. Konten Media Sosial

Jika Anda perhatikan, saat ini industri animasi telah masuk ke ranah konten media sosial. Era digital telah membutuhkan konten sosial media yang beragam, khususnya bagi sebuah bisnis atau brand. Dahulu, konten sosial media hanya berupa postingan foto saja, belum fokus kepada konten video.

Maka sekarang, konten di media sosial postingannya lebih beragam termasuk halnya brand yang fokus memanfaatkan konten sosial media dengan dukungan motion graphic. Namun tidak hanya brand saja, channel media atau akun-akun resmi instansi kenegaraan pun turut menggunakan konten animasi untuk memberikan informasi kepada publik.

Dengan motion graphic, informasi yang rumit akan mudah untuk dicerna meski dalam bentuk teks yang panjang. Pengubahan dalam bentuk format motion graphic tentu akan jauh lebih mudah untuk dipahami masyarakat.

4. Logo

Semakin berkembangnya teknologi, berdampak terhadap tampilan logo yang dapat dibuat dengan motion graphic, nih! Di dalam konten film atau video kini tidak terbatas dalam 2 menit saja. Logo dapat ditampilkan secara bergerak dan dinamis, sehingga mengesankan hidup dan atraktif.

5. Digital Marketing

Teknik motion graphic juga banyak digunakan dalam teknik digital marketing seperti SEO, SEM, Social Media Marketing, dan lainnya. Contohnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, motion graphic berguna dalam pembuatan konten video seperti yang ditampilkan dalam platform media sosial seperti Instagram atau YouTube.

Penambahan efek visual dari motion graphic, dapat pula digunakan untuk kepentingan situs web atau iklan supaya konten menjadi lebih menarik dan berada di peringkat atas, sehingga banyak dilihat oleh pengguna.

Apakah Motion Graphic Itu?

Jika ingin mengenal lebih dalam tentang dunia motion graphic, maka pahami terlebih dahulu apa itu motion graphic! Istilah motion graphic berasal dari dua kata yakni, motion yang berarti gerak dan graphic yang artinya grafis. Dari pengertian dua kata tersebut, maka bisa dikatakan bahwa motion graphic adalah istilah grafis gerak.

Secara lengkap, pengertian motion graphic adalah gabungan media audio visual yang menggabungkan antara seni film dan desain grafis dengan memasukan unsur-unsur berbeda seperti ilustrasi, tipografi, fotografi, video, dan musik yang dibuat dengan penggabungan teknik animasi 2D dan 3D.

Motion graphic memiliki peran yang sangat kuat dalam dunia broadcast, contoh untuk pembuatan iklan komersial, program hiburan, program berita, promosi, dan untuk opening suatu program televisi.

Pengertian Motion Graphic Designer

Motion graphic designer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pembuatan konten motion graphic seperti pengembangan video dan grafik animasi yang bergerak. Di samping itu, dalam pembuatan konten, juga diperlukan alternatif desain baik video maupun fotografi untuk mendukung pembuatan motion graphic yang baik supaya sesuai dengan tujuan bisnis.

Skill Wajib Motion Graphic Designer

Posisi motion graphic designer belakangan ini begitu populer dan diminati banyak orang, terutama yang memiliki background skill membuat animasi. Karena kebutuhan akan skill ini bagi banyak industri begitu luas. Namun jika seseorang ingin menjadi seorang motion graphic designer, perlu dicatat bahwa profesi ini tak hanya membutuhkan satu keahlian saja.

Baca juga: Jasa Video Produk Terbaik dan Terpercaya, ‘Boost’ Angka Penjualan Produk Anda

Seorang motion graphic designer harus memiliki lebih dari satu keahlian, karena dituntut untuk bekerja multitasking alias serba bisa. Contohnya, seorang desainer motion graphic harus bisa membuat aset visual yang sebenarnya adalah kemampuan di bidang grafis. Kemudian, ia juga harus menguasai editing video. Belum lagi jika klien meminta gaya 3D, itu artinya profesi desainer motion grafis ini harus dapat menguasai teknik-teknik 3D. tentu ini merupakan paket lengkap, dan kemampuan mumpuni yang paling diinginkan oleh perusahaan mana pun.

Di luar itu, akan ada banyak tanggung jawab yang nanti dilimpahkan kepada seorang motion graphic designer. Berikut ini skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang motion graphic designer:

  1. Memiliki skill dalam bidang desain grafis, sebab akan berhubungan dengan pembuatan berbagai aset visual.
  2. Memahami dan menguasai prinsip dasar animasi, agar motion yang diterapkan tidak kaku, tidak patah, dan masuk di timing yang tepat.
  3. Menguasai keterampilan membuat animasi 3D.
  4. Paham akan tipografi, di mana kata per kata akan ditempatkan dan jenis font apa yang digunakan guna mempermudah audiens membaca informasi dalam video.
  5. Menguasai teori warna. Gunanya supaya dapat membuat ciri khas desain dan menampilkan desain yang eye catching bagi khalayak.
  6. Berpikir kreatif. Sebagai seorang motion graphic designer, ia bertugas membawa semua elemen grafis menjadi hidup.

Keuntungan Motion Graphic untuk Bisnis

Semua jenis bisnis pasti membutuhkan media paling efektif untuk berkomunikasi dengan klien atau pengguna jasa. Media paling tepat untuk itu adalah motion graphic, karena bersifat singkat, padat, dan jelas. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika membuat motion graphic. Simak yuk!

1. Mudah Diingat

Karena durasi yang singkat dan informasi yang disampaikan sudah dirangkum menjadi poin-poin penting yang mudah diingat oleh audiens, maka dengan motion graphic, konten yang disampaikan akan mudah melekat. Durasi ideal adalah maksimal 3 menit.

2. Media Belajar Efektif

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, motion graphic bisa digunakan untuk media belajar yang efektif bagi siapa pun. Dengan konten yang berisi teks, audio, dan visual, maka konten akan menjadi lebih seru dan tak monoton.

3. Fleksibel

Motion graphic memiliki keunggulan dari konten lainnya, yaitu asetnya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika footage film hanya dapat diubah color grading, maka motion graphic bersifat fleksibel. Dari sini telah dibuktikan bahwa banyak bisnis atau perusahaan yang pasti membutuhkan seorang motion graphic designer, karena terdapat banyak keuntungan di dalamnya.

Bagi pemilik bisnis, maka tak perlu menunda lagi untuk mengembangkan bisnis dengan motion graphic, dengan beberapa keunggulan dan keuntungan seperti di atas. Bagi peminat profesi ini, maka kembangkan skill seorang motion graphic designer yang handal dan dapat bekerja secara multitasking. Semoga ulasan di atas bermanfaat ya!


Jasa pembuatan video terpercaya dan berpengalaman untuk segala industri

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube Monster Studio untuk selengkapnya tentang project kami

Share This Story, Choose Your Platform!