Sobat kreatif, salah satu cara mempromosikan atau memperkenalkan produk di mana target pasar yang ingin dicapai merupakan konsumen, adalah dengan menggunakan iklan televisi. Salah satu kelebihan iklan televisi adalah dapat memberikan informasi dan mengajak secara langsung calon pelanggan atau konsumen untuk membeli produk.

Mudahnya dalam beriklan televisi pada saat ini, karena sebagian besar masyarakat di Indonesia telah memiliki pesawat televisi, sehingga dalam penyampaian pesan iklan produk akan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja kelebihan dalam beriklan melalui media televisi, tidak ada salahnya kalian simak jenis-jenis iklan televisi berikut ini.

Jenis-jenis Iklan Televisi

1. Iklan Pensponsoran

Yang dimaksud dengan iklan pensponsoran adalah sebuah acara televisi yang penayangan dan pembuatannya disponsori oleh pihak pengiklan, alias seluruh biaya produksinya dibiayai oleh pihak sponsor. Jenis iklan di televisi yang satu ini biasanya membutuhkan biaya yang sangat besar, karena pengiklan akan membuat suatu acara yang berdurasi panjang, biasanya sekitar 15 menit. Hal inilah yang membuat peluang untuk memproduksi jenis iklan seperti ini begitu banyak, dan tentu saja mendatangkan keuntungan baik bagi pihak sponsorship maupun pihak televisi atau media.

2. Iklan Partisipasi

Bentuk iklan partisipasi ini, sedikit berbeda dengan bentuk iklan lainnya, tetapi hasilnya dapat mengurangi biaya dan risiko produksi di televisi. Iklan partisipasi, umumnya mempunyai durasi 15, 30 hingga 60 detik yang disisipkan di antara satu atau beberapa spot acara. Bagi pengiklan keuntungannya adalah dapat membeli waktu atau spot yang tersedia, baik atas acara yang tetap maupun yang tidak tetap. Artinya, pendekatan ini fleksibel dalam memilih jangkauan pasar, target audiens, jadwal dan anggaran.  Di sini pengiklan tidak dapat mengontrol isi dan mutu program yang berkaitan, sedangkan waktu spot yang tersedia untuk dipilih, biasanya sering habis dibeli oleh pengiklan besar. Akibatnya, pengiklan kecil hanya memperoleh jam sisa spot yang menurut penelitian pengiklan besar tidak efektif.

3. Iklan Spot Announcements

Jenis iklan di TV berikutnya adalah iklan spot announcements. Mengacu pada pengertian bahwa announcement iklan tersebut ditempatkan pada saat pergantian acara televisi. Di mana iklan ini ditempatkan pada saat pergantian suatu acara di televisi. Umumnya iklan spot announcements mempunyai durasi 10, 20, 30, atau 60 detik. Iklan spot ini dijual oleh stasiun-stasiun televisi kepada para pengiklan lokal maupun nasional. Namun biasanya, iklan jenis ini dimanfaatkan oleh pengiklan lokal.

4. Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Announcements)

Iklan public service announcements atau dikenal dengan istilah iklan layanan masyarakat adalah iklan yang dimuat atas permintaan Pemerintah atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) demi menggalang solidaritas masyarakat terhadap suatu masalah ataupun untuk menginformasikan suatu hal yang penting. Misalnya, mengenai masalah tertib lalu lintas, kebersihan sungai, konsumerisme, kesehatan, dan lain-lain. Iklan layanan masyarakat ini biasanya ditempatkan di sela-sela sebuah acara.

7 Kelebihan Iklan Televisi

Dalam memilih media untuk membuat iklan, platform televisi masih menjadi salah satu pasar besar yang punya andil menggolkan penjualan produk. Namun dewasa ini, media mainstream telah banyak bergeser ke dalam platform digital. Sehingga untuk mempromosikan suatu iklan produk tertentu pilihannya tidak hanya televisi saja.

Perlu diketahui jika iklan adalah bagian dari promosi atau pemasaran yang berisikan promosi dan informasi kepada pelanggan supaya tertarik dan membeli yang diiklankan. Kekuatan iklan sendiri sangat penting dalam mendukung keberhasilan suatu bisnis untuk membujuk konsumen sebanyak-banyaknya. Berikut ini beberapa kelebihan iklan televisi dibandingkan media periklanan lainnya :

1. Iklan TV Dapat Membangun Kepercayaan Konsumen

Keuntungan yang pertama ketika melakukan iklan TV adalah dapat membangun kepercayaan calon konsumen. Televisi masih menjadi media paling dipercaya oleh masyarakat hingga saat ini, dibandingkan media mainstream lainnya. Untuk skor rating peringkat periklanan sendiri, dapat ditemukan fakta jika iklan TV mendapat skor 42%, kemudian media online mendapatkan skor hanya 13%, dan sisanya adalah YouTube mendapatkan skor paling kecil yaitu 6% saja.

2. Konsumen Punya Kemampuan Unik Untuk Membujuk Pelanggan

Media televisi masih menjadi sebuah media yang mempunyai kemampuan dalam menjangkau calon konsumen secara serempak melalui platform yang hampir dimiliki oleh semua orang. Televisi dapat menjangkau masyarakat melalui indera pendengaran dan penglihatan sekaligus. Selain itu, televisi juga mempunyai kemampuan unik dalam membujuk calon konsumennya. Melalui platform ini, calon konsumen akan dapat menonton demonstrasi singkat yang disiarkan di sela-sela tontonan kegemarannya di televisi sehari-hari. Penonton dapat langsung melihat bagaimana promosi yang dilakukan akan terus diulang-ulang dan akhirnya akan membuat pelanggan menjadi tertarik dan akan membeli produk yang diiklankan tersebut.

3. Televisi Memiliki Intrusion Value

Melalui fitur audio dan visual yang berjalan sekaligus, membuat televisi menjadi platform yang memiliki kemampuan menarik perhatian penontonnya. Bahkan pada saat audiens tersebut tidak ingin menonton iklan. Hal ini disebabkan, beberapa iklan TV yang disisipkan atau ditempatkan pada saat acara televisi favorit para penontonnya. Tentu saja hal ini berbanding terbalik dengan iklan yang terpasang di media koran, dan majalah yang dapat dihindari dengan melewati halaman yang terdapat iklan, untuk membaca halaman lain atau selanjutnya.

4. Iklan Televisi Dapat Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Kelebihan iklan televisi berikutnya adalah tidak membutuhkan internet seperti platform berbayar lainnya. Meskipun terdapat televisi digital (tergantung dari stasiun televisi terkait). Tidak termasuk TV kabel. Sehingga, dalam menonton televisi analog (model lama), masyarakat akan bebas mengakses. Bahkan rata-rata masyarakat Indonesia mempunyai perangkat televisi lebih dari satu. Hal inilah yang mendasari mengapa iklan televisi lebih efektif dibanding platform lain, karena dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih banyak. Layaknya sebuah presentasi penjualan perorangan, iklan televisi bahkan dapat menjangkau setiap orang yang menonton tayangannya. Televisi dapat melakukan interaksi antara penonton dan calon konsumennya sekaligus. Kelebihan iklan televisi ini dengan kata lain meskipun hanya beberapa detik, tetapi hasilnya dapat optimal dan tepat sasaran.

5. Iklan Televisi Dapat Mencapai Target yang Diinginkan

Kelebihan ketika melakukan iklan di televisi selanjutnya adalah dapat mencapai target yang diinginkan. Dengan beriklan di televisi, maka para pengiklan dapat mencapai target penjualan produknya, sebab iklan tersebut diputar secara terus menerus di televisi. Dengan demikian, maka iklan yang diputar terus menerus akan mengingatkan kesadaran kepada penonton dan meningkatkan ingatannya mengenai produk yang diiklankan. Secara psikologi, orang yang menonton secara terus-menerus sebuah iklan, maka kemungkinan besar untuk membeli sebuah produk atau jasa yang diiklankan di media televisi sangat besar.

6. Iklan Televisi Menjadi Media Hiburan Alternatif

Kelebihan iklan televisi berikutnya adalah dapat menjadi media hiburan alternatif. Sobat kreatif pasti tahu jika iklan yang ditayangkan di televisi dibuat dengan sebagus dan sekreatif mungkin untuk menarik perhatian calon konsumennya pada saat menonton televisi. Pasalnya, iklan yang ditayangkan di antara acara televisi tersebut mau tak mau akan ditonton di sela-sela menunggu tayangan favorit kembali diputar. Sehingga hal ini menjadi sebuah alternatif media hiburan, pada saat menunggu acara dilanjutkan kembali. Tentu tidak heran, apabila saat ini, iklan yang ditayangkan di televisi sangat kreatif dan mencuri perhatian banyak orang. Bahkan, tidak sedikit penonton televisi yang menikmati tontonan iklan yang ditayangkan di TV. Hal itu didukung durasi iklan di TV yang singkat, sehingga tidak menimbulkan kebosanan dan iklan juga berganti setiap detiknya.

Baca juga: Apa Itu TVC? Berikut Fungsi, Manfaat dan Penjelasannya

7. Iklan Televisi Dapat Memberikan Citra Baik

Dengan memiliki jangkauan yang sangat luas, otomatis iklan televisi tidak hanya dapat menjangkau konsumen secara langsung, namun juga dapat memberikan citra yang baik kepada perusahaan pemilik produk beserta jajaran marketing dan salesnya secara langsung. Tentu dengan citra baik tersebut, maka produk yang diiklankan akan lebih mudah untuk dipasarkan. Selain itu, dengan memiliki citra yang baik pula, maka produk akan lebih mudah diterima dengan positif oleh calon konsumen.

Manfaat Memasang Iklan di Televisi

Setelah memahami tentang kelebihan melakukan iklan di televisi, maka sobat kreatif juga perlu mengetahui apa saja sih manfaatnya memasang iklan di televisi? Sebab beriklan di TV mempunyai manfaat yang sangat besar dalam proses akhir penjualan produk. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari memasang iklan di televisi.

1. Memberi Informasi Tentang Brand atau Produk

Manfaat iklan di televisi yang pertama dan paling penting adalah memberikan informasi terkait brand atau produk yang dijual kepada penonton dan calon konsumen dalam waktu yang bersamaan. Dengan beriklan di TV, brand atau produk dapat memberikan informasi tentang fitur-fitur dan keuntungan yang didapat oleh calon konsumen apabila membeli produk tersebut. Dengan adanya informasi ini, calon konsumen tidak perlu lagi sibuk mencari informasi tentang bagus atau tidaknya produk yang diiklankan.

2. Dapat Menjamin Kualitas Produk

Manfaat memasang iklan di televisi berikutnya adalah dapat membuat calon konsumen mengetahui tentang kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan dan dijual. Hal ini karena di dalam sebuah iklan televisi terdapat penjelasan utama mengenai kualitas dan fitur-fitur yang ada dalam produk maupun jasa yang ditawarkan. Sehingga, iklan di TV akan membantu sebuah brand meraih kepercayaan dari calon konsumen sehingga akan lebih dapat dipercaya. Lalu melalui iklan di televisi pula, sebuah brand akan memberikan informasi tentang jaminan dan garansi, sehingga calon konsumen tidak perlu lagi bertanya-tanya terlalu banyak pada saat transaksi.

3. Sebagai Informasi Batas Waktu Jual

Sobat kreatif pasti sering membeli produk dengan label diskon, namun ternyata pada saat hendak membeli, diskon produk ternyata sudah habis? Nah, inilah salah satu manfaat beriklan di televisi bagi para pemilik brand, yaitu memberikan informasi mengenai batas waktu jual atau batas waktu informasi promosi. Jadi, konsumen tidak perlu salah lagi dalam membeli produk yang diiklankan. Tersedianya batas waktu, akan membuat konsumen dapat membuat keputusan cepat dalam membeli produk, karena memikirkan tentang promosi yang akan segera berakhir.

4. Mengetahui Fitur Dengan Singkat

Format iklan dalam video sangat memudahkan calon konsumen dalam menerima dan mencerna informasi dalam waktu yang singkat, dibanding dengan iklan membaca. Dengan kata lain, calon konsumen akan dapat mengetahui semua keunggulan, manfaat, kelebihan dan juga semua informasi yang berhubungan dengan produk dan layanan dalam waktu yang singkat.

5. Mempermudah Perbandingan dan Pengambilan Keputusan

Nah, karena keberadaan fitur-fitur lengkap seperti poin-poin di atas, maka konsumen akan dapat:

  1. Membandingkan fitur dengan produk lain, bahkan brand lain;
  2. Mempertimbangkan fitur produk dengan harga yang ditawarkan, apakah sesuai ataukah tidak;
  3. Memutuskan apakah produk yang dilihat di iklan televisi tersebut, layak untuk dibeli;

Jadi, iklan televisi sangat membantu calon konsumen dalam mengambil keputusan yang terbaik dan efisien.

Penutup

Untuk membantu meningkatkan bisnis yang Anda miliki, sudah seyogyanya jika Anda mulai mempersiapkan bagaimana iklan yang akan ditayangkan di televisi dan platform-platform media lainnya dapat membangun brand Anda dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, produk atau layanan jasa yang Anda miliki akan dibeli atau dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Namun sebelum itu, alangkah bijaksananya jika Anda memilih jasa pembuatan video iklan terbaik.

Monster Studio adalah penyedia jasa pembuatan video iklan dengan layanan yang profesional. Kami terdiri dari para ahli dan profesional dari fotografi dan videografi yang berpengalaman. Tingkatkan penjualan dan bangun brand awareness bisnis Anda kepada target pasar dengan konten video iklan yang menarik dan profesional. 

Monster Studio mempunyai beberapa layanan terbaik, diantaranya : Jasa pembuatan Video Iklan (TVC), Jasa pembuatan Video Company Profile, Jasa pembuatan Video Animasi,  Jasa pembuatan Video Safety Induction, Jasa pembuatan Video Web Series, Jasa pembuatan Video Promosi, Jasa Video Shooting & Editing, Jasa Video Liputan / Dokumentasi, Event Equipment / Event Partner, Rental Studio, Talent Management, Rent Equipments, Layanan pembuatan Augmented Reality (AR) & Virtual Reality (VR), dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Untuk mengetahui detail layanan terbaik dari kami, segera hubungi marketing kami melalui WA di +62 817-6797-188 dan dapatkan penawaran layanan terbaik dari kami.

Share This Story, Choose Your Platform!