Tidak hanya fotografi, videografi kini banyak diminati banyak kalangan. Dengan mengembangkan minat di bidang videografi, banyak manfaat yang didapatkan. Salah satunya adalah dapat menghemat biaya sewa videographer ketika ada event yang kamu selenggarakan. Bahkan hal ini bisa menjadikan lahanmu untuk menghasilkan penghasilan tambahan.

Sama seperti teknik fotografi, ada beberapa teknik dasar membuat video yang bagus. Apa saja tips-tips tersebut, simak ulasan berikut ini !

  1. Kenali alat rekammu terlebih dahulu

Sebelum memulai videografi, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu alat yang akan digunakan nantinya. Baik kamera DSLR, kamera Mirrorless, berupa smartphone,atau alat perekam lainnya. Untuk lebih memahami alat yang akan kamu pakai nanti, kamu bisa mencoba untuk membaca buku panduan manual dahulu agar lebih mudah untuk mengoperasikannya.

Dengan membaca buku panduan, kamu juga dapat memahami apa saja kelebihan serta kelemahan dari alat perekam kamu. Mulai dari jumlah maksimal ISO, berapa frame per second yang kamera kamu dapat rekam, dan berbagai fitur lainnya.

 

  1. Posisikan pengambilan gambar dengan baik

Videografer yang baik adalah ketika mereka tidak malas untuk berpindah-pindah tempat. Agar mendapatkan hasil yang bagus, kamu perlu mempelajari bagaimana teknik serta komposisi pengambilan gambar. Sehingga seorang videografer harus terus bergerak untuk dapat menemukan angle video dari berbagai sudut yang baik.

Selain itu, dengan merekam suatu objek dari berbagai sudut dapat membuat kamu memiliki stok footage yang lebih banyak dan variatif sehingga ketika kamu nanti akan mengedit video, kamu tidak perlu khawatir akan kekurangan stok footage video. Untuk dapat mengetahui bagaimana sudut pengambilan gambar yang baik ada baiknya kamu mempelajari komposisi angle gambar serta rule of third yang banyak dapat kamu temukan di YouTube.

 

  1. Gunakan pencahayaan yang maksimal

Tak berbeda dengan fotografi, dalam videografi kamu juga perlu memperhatikan komposisi pencahayaan. Jadi selalu pastikan sumber cahaya yang ada tidak membelakangi objek (backlight) ketika mengambil gambar.

 

  1. Pastikan Audio atau Suara Harus Jelas

Videografi adalah produk audio dan visual, maka videografi yang baik adalah ketika gambar yang bagus dibarengi dengan audio yang bagus pula. Jadi tidak hanya komposisi gambar saja yang perlu diperhatikan,tapi audio yang direkam juga perlu kamu pastikan memiliki suara yang baik dan jernih. Untuk mengatasi audio yang noise kamu bisa mengakalinya dengan video-dubbing, kalau perlu kamu bisa menggunakan mikrofon yang dipasang pada kamera.

  1. Tetap Stabil Dalam Merekam Gambar

Tidak hanya itu, pastikan juga gambar yang kalian ambil tidak terlalu bergoyang atau shaky. Supaya orang yang menonton video kamu nantinya tidak pusing dan dapat melihat dengan jelas gambar yang kamu rekam. Untuk meminimalisir goncangan pada video yang direkam, kamu bisa menggunakan piranti tambahan berupa stabilizer atau juga mengeditnya di aplikasi video-editing.

  1. Video Editing

Setelah semua video sudah direkam, tibalah saatnya kamu untuk mengedit semua potongan-potongan video menjadi sebuah kesatuan. Banyak aplikasi video-editing yang bisa kamu gunakan seperti Adobe Premiere Pro, Magix Vegas Pro, Final Cut Pro, Corel Video Studio, Windows Movie Maker, dan lain-lain. Jika kamu bingung bagaimana cara menggunakannya, kamu bisa mempelajarinya hanya dengan menonton video-video tutorial yang terdapat di YouTube. Saat ini sudah banyak tutorial video-editing yang dapat kita temukan secara online.

  1. Gunakan Peralatan Tambahan

Untuk memaksimalkan hasil video, kamu bisa menggunakan piranti tambahan lain. Seperti mikrofon untuk meminimalisir noise pada suara yang direkam, gimbal stabilizer untuk meminimalisir goncangan pada video, lighting untuk pencahayaan yang lebih maksimal, dan berbagai macam lensa supaya angle dan jarak pengambilan gambar kamu lebih bervariatif.

 

Berikut adalah tips untuk memulai menjadi seorang videographer. Namun perlu diingat bahwa seberapa banyak ataupun seberapa canggih alat-alat rekam kalian tidak akan menjamin kalian menjadi seorang videografer yang andal dan profesional. Untuk itu jangan menyerah untuk berusaha dan belajar.

Namun jika kamu membutuhkan jasa sewa videographer, Monster Studio siap membantumu lho!

 

Share This Story, Choose Your Platform!