Monster Studio yakin, di antara kalian pastinya ada yang memiliki cita-cita untuk berkarya dan terjun dalam industri perfilman. Walau susah-susah gampang, tapi  ada beberapa cara membuat production house (PH).  Jadi sebelum terjun ke dalam bidang ini, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Karena skill dan kreativitas saja tidak cukup untuk membuat production house yang bisa bertahan lama di industry perfilman.

Nah, apa saja yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan untuk membuat production house? Simak ulasan berikut ini!

 

Visi yang Tepat

Ketika akan mendirikan sebuah PH, setidaknya kalian harus membuat visi dan misi dari PH itu berdiri. Baik jangka pendek atau panjang, keberadaan visi misi bagi PH penting untuk menentukan arah perkembangan dan masa depan.

Visi merupakan tujuan di masa mendatangn sedangkan misi adalah bagaimana kita mencapai tujuan itu. Visi dan misi ini harus selalu diingat dalam mendirikan PH. Sehingga saat di tengah perjalanan kehilangan arah hingga ada masalah, kita bisa kembali mengingat tujuan di awal.

 

Partner

Ketika kamu akan mendirikan PH, setidaknya kamu akan membutuhkan partner. Jadi pilihlah partner yang punya visi dan misi yang tidak bertabrakan denganmu. Kemudian, paling tidak pilih partner yang memiliki skill yang berbeda, juga dapat saling mengisi satu sama lain. Karena sebuah PH yang hanya memiliki creative skills yang baik saja, tidak dapat bertahan lama.

Bersikaplah profesional pada partner kalian. Meskipun mereka adalah teman sendiri ataupun keluarga, jangan pernah membawa urusan pribadi ke pekerjaan. Sehingga pertengkaran yang tidak perlu tidak akan mengganggu keberlangsungan PH.

 

Kreativitas

Memang miliki idealisme  dalam mendirikan PH adalah hal yang penting dimiliki. Idealisme yang dimaksud adalah mempertahankan hal kreatif yang dianggap baik. Karena setelah berjalan, PH pastinya akan bekolaborasi dengan berbagai pihak lain, seperti partner, client, agency, investor, crew, dan lainnya. Untuk menjaga kualitas dari project yang dijalankan, PH memang perlu memiliki idealisme dalam kreativitas. Namun jangan sampai melupakan pendapat pihak yang sedang berkolaborasi bersama. Karena pihak tersebut pasti juga punya pendapat yang kadang bisa membuat project menjadi lebih baik lagi.

 

Kemampuan Bisnis

Kebanyakan PH yang baru berdiri seringkali menitikberatkan idealisme dan kreativitas saja. Sehingga kemampuan berbisnis seringkali dilupakan banyak orang saat membuat sebuah PH.  Padahal untuk membuat PH yang bertahan di industri perfilman maupun videografi, kemampuan berbisnis itu penting.

Kemampuan berbisnis ini cukup luas. Mulai dari kemampuan berkomunikasi, negosiasi, strategi perencanaan, marketing, manajemen, keuangan, hingga leadership. Hal-hal inilah yang akan membuat PH dapat bertahan dan berjalan terus menerus dengan sehat.

 

Connection

Dalam menjalankan PH pastinya perlu bekerjasama dengan bermacam pihak. Mulai dari partner, client, agency, investor, crew, dan lainnya. Untuk itu perlu koneksi yang luas di berbagai bidang. Hal tersebut penting agar banyak pihak semakin mengetahui dengan keberadaan PH kita. Tak hanya penasaran apa saja tentang project-project kita, siapa tahu mereka tertarik berkolaborasi dengan kita.

Nah, cara memperluas koneksi ada berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjangkau orang yang dirasa memiliki potensi. Yaitu orang yang sering datang ke acara-acara seperti film festival, festival design, business forum. Jadi ketika kamu datang ke acara-acara festival jangan lupa kenalan dengan orang-orang yang ada di sana.

 

Walau sulit awalnya,  semua bisa kok dipersiapkan dengan pelan-pelan. Dengan tekat yang kuat pasti ada saja cara-cara membuat production house.

Share This Story, Choose Your Platform!