Videografi adalah sebuah proses untuk merekam berbagai macam acara atau kejadian yang disimpan dalam bentuk gambar maupun suara. Dengan hasil berupa video, hasil tersebut dapat kita lihat di kemudian hari sebagai untuk kenangan atau pembelajaran. Namun bergamnya kegiatan yang memerlukan videografi, membuat munculnya beragam jenis videografi. Nah, jenis-jenis videografi apa saja sih macamnya?

  • Film Dokumenter

Film dokumenter adalah film yang menyajikan dokumentasi. Videografi jenis ini bertujuan agar film dokumentasi dapat tersaji dengan bagus, sehingga generasi selanjutnya bisa seperti apa fakta yang ada di dalam kehidupan lampau

  • Video Kreasi di TV nasional

Hanya dengan di rumah saja, kini kalian bisa menikmati hiburan. Salah satunya adalah melalui televisi. Beragam hiburan video kreasi bisa kita nikmati melalui media televisi. Video-video menarik tersebut dihasilkan dari videografi  dan seorang kreator profesional.

  • Video Youtube 

Jika kalian memilki bakat berbicara atau memiliki ide kreatif dalam membuat video, maka kalian bisa mengunggahnya ke Youtube. Kamu bisa membuat sebuah video yang kemudian di unggah ke akun youtube kamu. Dengan disaksikannya video kamu oleh berbagai macam orang, maka tidak menutup kemungkinan hal ini dapat mendulang pundi-pundi uang dari monetisasi akub.

  • Produksi Film Pendek

Seperti film yang berdurasi panjang pula, film pendek pun juga memerlukan sinematografi dan videografi yang bagus. Apalagi kini ada banyak sekali video yang dijadikan film pendek. Namun ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan ketika ingin membuat film pendek. Antara lain merancang ide cerita yang ingin dibuat film pendek, merumuskan sinopsis dan skenario, hingga menyusun adegan agar tidak acak-acakan. Selanjutnya adalah melakukan pengambilan gambar yang tepat, hingga editing.

  • Videografi Training

Kebanyakan dokumentasi bidang pekerjaan di banyak perusahaan hanya berupa tulisan. Padahal prosedur standar bagi pengerjaan tugas tertentu yang ada dalam suatu pekerjaan, terutama di kantor-kantor perusahaan besar penting untuk dibuat. Apalagi jika dikemas dalam video. Sebab gambar atau ilustrasi membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang sebuah aktivitas yang harus dilakukan.

  • Videografi Komunikasi Visual

Untuk videografi komunikasi visual yang baik, video harus menjadikan gambar yang dapat berbicara dan bercerita. Dari sini kita tahu bagaimana kualitas aspek skenario dan penyutradaraan pada Video. Sehingga dengan teknik pengambilan gambar yang baik, maka pesan video dapat tersampaikan kepada penonton dengan baik. Sehingga diperlukan kepekaan dalam pengambilan gambar ketika syuting

  • Videografi Jurnalistik

Video jurnalistik adalah sebuah videografi yang memiliki nilai berita. Yaitu narasumber, pendapat ahli, konfirmasi, verifikasi, data, dan yang paling penting adalah memiliki unsur  5W+1H. Yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Misalnya saja, seringkali kita melihat berita di televisi tentang peristiwa pengeboman atau demo disuatu tempat. Video-video tersebut merupakan salah satu produk berita yang dikemas sesuai fakta dan kebutuhan informasi bagi para audien.

  • Video Masak

Tidak sedikit netizen yang membuat video masakan yang diunggah ke platform media sosial. Jika kalian panai memasak, jangan sia-siakan bakatmu! Kamu bisa membagikan resepmu kepada banyak orang melalui sosial media. Bahkan kalian bisa membuat video pada saat memasak dan mengunggahnya ke Youtube.

  • Video Dokumentasi Acara 

Jaman sekarang dokmumentasi menjadi salah satu hal yang wajib ada dalam momen-momen penting, seperti  pernikahan, ulang tahun, hingga seminar. Seringkali orang-orang mengabadikan momen itu dalam sebuah bentuk dokumentasi yang menarik, bahkan dikemas menjadi sebuah cerita.

Untuk momen-momen penting tersebut, pastinya dibutuhkan tim dokumentasi yang siap merekam setiap momen acara.  Sehingga videografi bukan hanya digunakan sebagai wadah menyimpan kenangan saja. Sehingga untuk kegiatan seperti seminar, video bisa digunakan sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

  • Video Biografi

Biogarafi tidak hanya dapat dikemas dalam bentuk tulisan, namun biografi juga dapat dikemas dalam video. Hal ini juga kini nampaknya banyak dilakukan, salah satunya adalah beberapa program televisi yang menayangkan biografi tokoh-tokoh. Video Biografi bisa dibuat dengan menarik dengan penyusunan cerita yang sangat baik.

Nah, bagaimana dengan ulasan jenis-jenis videografi di atas. Jika kamu berminat untuk belajar videografi, sebaiknya belajar dengan membuat video yang mudah dahulu. Jangan patah semangat untuk terus berkarya, ya !

Share This Story, Choose Your Platform!