Video Promosi saat ini penting untuk menyesuaikan tren digital yang sedang berkembang saat ini. Sebab digital platform seperti Youtube, Facebook, Instagram, kian hari kian banyak penggunanya. Sehingga tiap-tiap perusahaan penyedia produk di era ini penting  untuk memiliki video promosi produk. Nah untuk menentukan jenis video apa yang sesuai dengan promosi perusahaan anda, ada baiknya anda memahami beberapa jenis video promosi.

Untuk itu, berikut akan kami jelaskan jenis-jenis video promosi produk.  Nah, video apa saja yang bisa Anda pilih? Simak ulasan berikut ini !

 

Video Branding

Ilustrasi Video Branding Fashion

Video branding rata-rata memiliki durasi uang pendek, yakni sekitar 15 detik sampai 3 menit. Video ini bertujuan untuk mengidentifikasikan produk Anda. Lalu, kunci utama keberhasilannya adalah pada kemampuan storytelling video. Baik pada unsur visual, maupun pada unsur audio. Sehingga pada video jenis ini, Anda hanya harus membuat alur cerita singkat tentang suatu keadaan dan produk Anda hadir sebagai solusi. Selain itu, keunggulan produk juga yang memberikan kemudahan untuk orang lain juga bisa menjadi alternatif. 

 

Video Tutorial

Ilustrasi Video Tutorial

Video tutorial atau video demo berisi informasi terkait bagaimana menggunakan produk Anda, apa saja fiturnya, apa saja manfaatnya, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dll. Topik dan konten video bisa diambil dari hal-hal yang menjadi pertanyaan pelanggan Anda. Namun dalam pembuatan video, anda harus fokus pada satu produk saja.

Namun video jenis ini rentan membuat penonton bosan.  Tips agar video tidak membosankan adalah dengan memperhatikan estetika visualnya. Jangan anggap remeh pemilihan background dan tata letak yang estetik. Lalu, pilih juga sudut pengambilan gambar yang baik dan bervariatif. Agar lebih menarik, Anda juga bisa membuat video promosi produk tutorial dalam bentuk screencast dan animasi

 

Video Edukasi

Ilustrasi video edukasi

Video Edukasi berisi suatu informasi yang dapat mengedukasi penonton. Topik yang banyak diangkat umumnya lebih bervariatif dan tidak harus terkait dengan produk. Sehingga di dalam video, Anda tidak perlu menunjukkan apa dan bagaimana produk Anda. Anda cukup mengisi dengan penjelasan dan manfaat produk dan mencantumkan foto produk  serta logo perusahaan Anda di pojok bawah video atau di ending.

 

Baca Juga : Pakai Jasa Produksi Video Untuk Promosi, Mengapa Tidak? 

 

Video testimoni

Ilustrasi Video Testimoni

Video testimoni adalah video yang mana Anda melakukan wawancara pada pelanggan Anda. Pelanggan yang menceritakan pengalamannya menggunakan produk Anda akan menaikkan kepercayaan calon pelanggan. Dengan menampilkan penilaian produk dari sudut pandang pelanggan, orang lain akan lebih percaya dalam membeli atau menggunakan produk Anda.

Video event

Ilustrasi Video Event

Video event biasanya menampilkan kredibilitas bisnis Anda, contohnya seperti video event seminar kesehatan untuk masyarakat umum. Sehingga dalam pembuatan video event biasanya menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap kesehatan orang banyak. Apalagi jika produk yang Anda jual adalah produk di bidang kesehatan. Hal itu tentu akan berdampak positif bagi citra dan kepercayaan orang lain pada produk yang Anda miliki.

Share This Story, Choose Your Platform!