Tampilan video marketing haruslah menarik, komunikatif, dan informatif. Hal ini dilakukan agar produk anda lebih mudah dinikmati dan diingat orang. Nah, apa saja poin penting yang harus diperhatikan, lalu bagaimana cara membuat video marketing? Berikut beberapa ulasan yang mungkin bisa membantu anda dalam membuat video marketing.

 

Lakukan penelitian terlebih dahulu

Ilustrasi riset target sasaran pasar

Jangan membuat strategi tanpa penelitian terlebuh dahulu. Penelitian adalah tahap paling awal dan penting sebelum memulai tindakan pemasaran. 

Dalam melakukan penelitian, pertama anda harus tentukan dulu jenis target sasarannya. Lalu berikan gambaran umum tentang target audiens Anda, seperti usia, jenis kelamin, dan minat mereka dalam berbelanja. Informasi ini penting untuk menentukan jenis konten video yang akan diproduksi nanti.

 

Tidak hanya menjual saja, tetapi tonjolkan nilainya

cara membuat video marketing

Ilustrasi proses syuting video produk

Memang video marketing adalah penggunaan konten video untuk pemasaran produk atau layanan. Namun perlu diingat bahwa pemasaran itu lebih dari sekedar penjualan. Pemasaran tak lain adalah mengkomunikasikan nilai suatu produk atau layanan.

Saat ini ada banyak sekali iklan video di sana. Jika video marketing Anda tidak begitu menonjol, akan sulit bagi audiens  untuk mengingatnya. Maka jangan  fokus pada penjualan saja. Tetapi juga harus mengkomunikasikan nilai produk atau layanan.

Untuk menekankan nilai, perlu diketahui kebutuhan  audiens target Anda. Dari sini, akan lebih mudah menentukan nilai-nilai apa saja yang harus ditekankan.

 

 

Manfaatkan 5 detik pertama

Ilustrasi 5 detik

Saat membuat konten apa pun, beberapa detik pertama sangat menentukan. Sebab audiens akan terus menonton video jika tayangan tersebut menarik perhatian mereka dalam 5 detik pertama.

Untuk itu, buatlah 5 detik pertama video marketing Anda semenarik mungkin. Contohnya adalah dengan mengangkat masalah yang mungkin mereka hadapi. Atau bisa saja mengangkat masalah yang menarik perhatian mereka.

 

 

Memilih media platform video 

Ilustrasi ragam sosial media dalam pemilihan platform

Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka langkah ini juga tak kalah pentingnya. Media platform pemasaran harus disesuaikan dengan tempat-tempat berkumpulnya target pasar. Jika target pasar Anda mayoritas menonton TV, maka buatlah video yang sesuai dengan di media TV.

Jika target pasar Anda lebih sering menonton video di media sosial online seperti Instagram, Facebook atau YouTube, silakan pasarkan video di media tersebut. Lalu, setiap jenis media sosial juga memiliki tipe pengguna yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk lebih fokus pada sasaran, Anda harus memahami karakteristik dan kebiasaan pasar sasaran

 

Mengunggah video di waktu yang tepat

Ilustrasi seseorang mengunggah video

Waktu unggahan video pun juga wajib anda perhitungkan. Untuk itu, anda wajib cari tahu jam berapa mereka biasanya menonton TV. Jika target pasar Anda lebih sering menonton YouTube, cari tahu pukul berapa saja mereka biasanya mengakses dan menonton YouTube. Jika Anda menyiarkan video marketing pada waktu yang salah, sama saja Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 

Dari ulasan di atas, apakah anda sudah paham bagaimana cara membuat video marketing? Jika sudah, tunggu apa lagi? Segera buat video anda semenarik mungkin agar brand anda semakin dikenal. Apabila kamu masih kebingungan, Monster Studio siap kok membantumu.

Baca Juga : Alasan Buat Video Promosi Lebih Mudah Dengan Storyboard

Share This Story, Choose Your Platform!