Dalam membuat video promosi ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempermudah proses pembuatan. Banyak dari penyedia jasa buat video promosi yang memulai  dengan membuat Storyboard. Sebab adanya storyboard mempermudah seseorang dalam menyampaikan ide ceritanya, sehingga orang lain yang terlibat dalam pembuatan video bisa memahami inti gagasan cerita yang diinginkan.

Mengutip dari Kompas.com, storyboard memiliki beberapa manfaat. Yaitu mengorganisir proses dan  membantu penentuan pengambilan angle gambar. Untuk itu, agar memudahkan dalam membuat alur cerita biasanya storyboard disusun dengan membuat sketsa gambar berurutan sesuai naskah, sehingga mempermudah proses pembuatan pemahaman alur ceritanya. Sehingga seluruh orang memiliki persepsi yang sama kemudian  pengambilan gambar sesuai dengan yang diinginkan. 

Selain itu, storyboard juga dapat mencari tahu kesalahan pada teks narasi, penggunaan media dan detail lainnya dalam naskah. Sehingga hal ini juga dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. 

Dari buku Pengembangan Bahan Ajar (2019) karya Nana, dituliskan lima tahapan pembuatan storyboard. Antara lain adalah:

 

  • Penentuan tema

    Ilustrasi penentuan tema

Tema harus ditentukan terlebih dahulu sebelum pembuatan storyboard. Sehingga, tema adalah hal berpengaruh pada naskah, sketsa gambar, penggunaan media, dan lain-lain. 

 

  • Penyusunan Naskah

    Ilustrasi penulisan naskah

Setelah tema ditentukan, langkah selajutnya adalah pembuatan naskah. Dalam tahap ini naskah harus dibuat secara detail. Misalnya pada teks dialog, keterangan, dan beberapa hal lainnya yang dalam pembuatan video, film atau animasi. 

 

  • Penentuan poin penting

    jasa buat video promosi

    Ilustrasi penentuan point penting dalam pembuatan storyboard untuk video

Dalam menentukan poin penting, haruslah berkaitan dengan naskah dan tema yang telah ditentukan sebelumnya. Biasanya poin penting ini berisi konsep yang nantikan akan dibuat menjadi storyboard. 

 

  • Penentuan gambaran sketsa kasar dalam

    Penentuan gambaran sketsa kasar dalam

     Setelah tiga hal di atas dibuat, gambaran sketsa kasar pun bisa disusun. Pembuatan ini disertai dengan penjelasan dan keterangan tentang pembuatan audio visual juga.

  • Realisasi Gambar

  • jasa buat video promosi

    Ilustrasi realisasi gambar dari storyboard

Setelah sketsa kasar selesai dibuat, storyboard dapat disusun dalam bentuk yang lebih rapi dan jelas. Lalu, dalam pembuatan Storyboard setidaknya harus membuat sketsa gambarnya, juga teks narasi dan audio atau visual yang diperlukan. 

Nah, dari membaca ulasan di atas apakah kalian sudah memahami bagaimana cara membuat storyboard untuk video promosi? Jika masih bingung, kamu bisa kok meminta bantuan dari penyedia jasa buat video promosi. Karena di sini Monster Studio siap membantu dalam pembuatan video promosi.

Baca Juga: Video Marketing Untuk Promosi, Pentingkah?

Share This Story, Choose Your Platform!