Di era global saat ini, tiap perusahaan yang memiliki produk membutuhkan video marketing sebagai strategi pemasaran. Sebab pemasaran video memainkan peran yang sangat penting dalam memperluas aktivitas pelanggan dan merek Anda. Apalagi di mesin pencari seperti Google, konten video biasanya mendapat peringkat yang lebih tinggi, sehingga orang cenderung mengaksesnya. 

Nah, tapi apakah anda tahu apa video marketing itu? 

Video marketing merupakan strategi pemasaran yang disajikan dalam bentuk audio dan gambar. Saat ini, konsep ini merupakan salah satu metode pemasaran baru dalam pemasaran online. Konsep video marketing yang menarik, akan mudah diserap oleh penonton. Kemudian mengubah penonton menjadi pelanggan Anda. Dibandingkan dengan konten lain, konsep ini memiliki beberapa keunggulan. Nah, apa saja sih keunggulannya:

  • Video Marketing Memiliki Daya Tarik Tertinggi

Dalam survei yang dilakukan oleh tim HubSpot pada tahun 2017 lalu, video menduduki peringkat pertama dalam jenis konten yang banyak dilihat publik. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa konten video memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan.

  • Konten Video Memiliki Efek Ingatan Merek

Manusia cenderung mudah mengingat gambar daripada kata-kata. Apalagi jika gambar bergerak dengan suara atau audio, manusia akan lebih mudah lagi mengingatnya. Oleh karena itu, kemampuan brand recall  dalam video untuk mengingatkan penonton tentang merek juga lebih tinggi.

  • Memperkuat Citra Merek

Di mata konsumen, brand yang menggunakan konten marketing video cenderung mendapatkan apresiasi yang lebih tinggi. Kepercayaan pelanggan cenderung tinggi ketika memasarkan merek melalui konten video. Sehingga pemasaran video merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan citra merek. Tak heran, banyak brand besar yang menerapkan strategi pemasaran ini.

Baca Juga : 5 Poin Penting Dalam Pembuatan Video Untuk Promosi 

Jenis Video Marketing

Nah setelah tahu manfaat dari video marketing, sekarang anda perlu mengetahui bahwa konsep ini memiliki banyak ragam. Sebab, sebelum Anda mulai merekam video, Anda harus menentukan dulu jenis video yang ingin Anda buat. Berikut jenisnya berikut agar Anda bisa lebih memahami pilihan untuk menjalankan strategi pemasaran:

  1. Demo Video

    Video Marketing

    ilustrasi pembuatan video demo

     

    Jenis pemasaran video ini menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda bekerja. Dengan demo video, Anda dapat lebih menekankan nilai merek daripada pesaing bisnis Anda.

  2. Video Event

    Ilustrasi proses produksi video event


    Konten video ini adalah ketika perusahaan Anda berkegiatan. Seperti mengadakan seminar, diskusi produk, acara sosial atau berbagai jenis acara lainnya, video pemasaran ini bisa berisi rekaman tersebut.

     

  3. Video Instruksional

    Video Marketing

    Ilustrasi pembuatan video intruksional


    Video instruksional atau pendidikan ini biasa digunakan untuk mengajarkan pengetahuan baru kepada pelanggan atau audien Anda. Yaitu untuk membangun pengetahuan dasar yang mereka butuhkan untuk memahami solusi bisnis dan merek Anda.

  4. Brand Video

    Ilustrasi pembuatan video brand


    Untuk brand video, umumnya banyak digunakan untuk membantu audien Anda lebih memahami mengapa mereka membutuhkan produk atau layanan Anda. Biasanya brand video dari merek terkenal sering kali berisi pesan yang menunjukkan bagaimana produk mereka memecahkan kesulitan seseorang.

     

Nah, apakah dengan ulasan di atas Anda dapat memahami dengan baik bagaimana pentingnya video marketing untu promosi? Jika anda kesulitan dalam pembuatan video marketing, jangan khawatir. Monster Studio siap membantu, kok !

Baca Juga : 5 Poin Penting Dalam Pembuatan Video Untuk Promosi 

Share This Story, Choose Your Platform!