Video promosi memiliki peranan penting dalam marketing. Nah, ada beberapa tips bagi digital marketing strategist  agar video promosi  sukses di pasaran. Yakni video harus tak hanya unik tapi juga berkualitas. Sebab video promosi tersebut selain menarik juga harus mampu bersaing dengan kompetitor.  Selain itu, video yang berkualitas adalah video yang tidak sekedar menampilkan visualisasi saja. Tetapi mengandung pesan yang harus sampai kepada audiens. 

Nah berikut adalah 5 poin penting yang harus dipersiapkan dalam pembuatan video untuk digital marketing social media. Apa saja tahapan agar bisa membuat hasil yang maksimal, yuk simak ulasan berikut ini !

 

  • Membuat Daftar Target Audiens

Membuat daraft target audiens

Menetapkan target audiens yang ingin dijangkau itu penting. Sebab selain menentukan teknik dan konten video, hal ini juga berpengaruh dalam merancang budget yang dikeluarkan.Sehingga anda harus menentukan, apakah targetnya remaja, dewasa muda, ibu rumah tangga, profesional, dan lain sebagainya.   Contohnya, tim digital marketing agency Anda berniat membuat iklan jasa wedding organizer di Jakarta. Maka, kemungkinan target audiensnya adalah pasangan kekasih yang sedang menuju fase serius ataupun sudah bertunangan. 

  • Mengidentifikasi Target Audiens dengan Demografi, Geografi, dan Psikografi

Video Promosi

Mengidentifikasi Target Audiens

Agar mempermudah menentukan target audiens,anda juga bisa melakukan identifikasi berdasarkan demografi, lokasi, dan psikografi. Demografi itu meliputi umur, jenis kelamin, penghasilan, status pernikahan, pekerjaan, tingkat pendidikan,dan sebagainya. Sementara geografi, dimaksudkan untuk mempersempit kriteria audiens berdasarkan lokasi, seperti cakupan satu kabupaten, provinsi, atau dalam jarak radius tertentu. Kemudian bisa juga dengan psikografi. Yakni yang berkaitan dengan cara Anda menentukan audiens berdasarkan kepribadian, minat atau kegiatan. Psikografi juga bisa berupa sikap maupun opini,dan hal lainnya yang menyangkut kepribadian.

  • Tempat Pengambilan Video

Video Promosi

Tempat Pengambilan Video

Hal penting yang tidak boleh lewat dalam perhatian adalah penentuan lokasi syuting. Sesuaikan lokasi pengambilan video ini dengan target audiens. Artinya, lokasi syuting juga menentukan tertarik tidaknya audiens menonton video Anda.  Untuk video animasi jasa pembuatan desain misalnya, pemilihan tempat yang paling cocok adalah di studio. Namun untuk proyek lain, seperti video promosi jasa fotografi milik wedding organizer yang target audiensnya adalah pasangan muda. Anda mungkin harus menyewa beberapa tempat instagramable,  estetik, atau rustik untuk menarik minat audiens.

  • Sesuaikan Anggaran

    Ilustrasi Menyesuaikan Anggaran

Pertimbangkan untuk membuat rencana anggaran yang lengkap, supaya dana yang dikeluarkan efektif dan efisien, tidak berlebihan maupun sebaliknya. Perencanaan anggaran ini juga bisa membantu Anda menyesuaikan budget yang diberikan klien dengan keuntungan yang seharusnya bisa Anda dapatkan. Anda bisa membuat rincian anggaran sederhana. Meski dengan budget minimal, Anda harus tetap memastikan video marketing yang Anda buat tetap berkualitas, unik, dan menarik. 

  • Durasi Akhir Video

Durasi Akhir Video

Durasi video harus diperhatikan karena tidak semua platform media sosial memberikan kebebasan untuk mengunggah video berdurasi panjang. Sebagian besar,justru membatasi waktunya beberapa menit saja. Seperti video di Instagram yang hanya memiliki durasi maksimal 1 menit, maupun platform berbagi video pendek seperti TikTok. Untuk membuat video iklan yang deep dan bagus, buatlah durasi sekitar 2 sampai 5 menit saja. Untuk membuat penonton lebih tertarik, buatlah 10 detik pertama yang paling berkesan supaya audiens jadi penasaran. Ada 3 hal unsur yang bisa dijadikan pembukaan menarik di 10 detik pertama, seperti:

  • Hal lucu, apalagi yang membuat terbahak-bahak umumnya selalu sukses menarik perhatian siapa pun audiens.
  • Unik atau out of the box.
  • Penuh misteri, untuk itu buatlah orang bertanya-tanya tentang apa yang Anda sajikan di 10 detik pertama ini. 

Demikian 5 poin penting dalam pembuatan video marketing yang harus Anda perhatikan. Lalu, pertimbangkan pula untuk membuat storyboard atau naskah, walaupun sekadar video promosi. Hal ini akan membantu alur video menjadi lebih terarah. Selamat Mencoba!

Baca Juga : Sinematografi dan Videografi, Mana yang Bagus untuk Video Marketing?

Share This Story, Choose Your Platform!