Syuting Produksi – Di masa pandemi ini banyak kegiatan yang sangat dibatasi, salah satunya adalah syuting. Di saat pembatasan diberlakukan dimana-mana ternyata proses produksi video masih bisa dijalankan lho, ternyata. Bagaimana sih caranya?

Remote Saat Pra Produksi dan Pasca Produksi

Proses pra produksi bisa dilakukan dengan melakukan remote atau kontrol jarak jauh. Jadi, rapat dan pembahasan pada saat pra produksi bisa melalui teleconference. Manfaatkanlah berbagai platform komunikasi online di masa pandemi ini dengan maksimal seperti penggunaan Zoom, Jitsi, Microsoft Teams, Google Meets, dan lain sebagainya.

Pembahasan proses story development di pra-produksi masih sangat mungkin dilakukan melalui komunikasi jarak jauh. Sedangkan untuk Pasca produksi kita masih bisa memanfaatkan cloud video editing system  dan material preview juga bisa kita kirim melalui cloud system storage 

Karantina dan Screening Kesehatan

Karantina dan screening kesehatan sangatlah penting. Kuncinya adalah kejujuran. Jujur pada saat screening dan melakukan karantina mandiri dapat mengurangi resiko penyebaran virus seperti COVID-19 dan virus lainnya.

Jalankan Protokol Kesehatan

Jalankan protokol kesehatan dengan sebaik mungkin. Lakukan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan selama proses produksi. Rajinlah mencuci tangan menggunakan sabun dan juga hand sanitizer demi menjaga kebersihan tangan kita dari kuman setelah memegang benda-benda yang ada di lokasi syuting. Penggunaan masker juga sangatlah penting karena masker dapat meminimalisir penyebaran virus melalui droplet saat berbicara. Yang terakhir nih, jaga jarak! Penting banget untuk menjaga jarak antar kru pada saat proses produksi. Jangan bergerombol karena dapat meningkatkan resiko penyebaran virus. Misalkan saat Tim Artistik sedang merancang set, pembatasan kru sangat dibutuhkan sebagai bentuk physical distancing

Nah, itulah tiga langkah yang bisa kalian lakukan untuk menjalankan syuting produksi di tengah pandemi ini. Yang terpenting adalah tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan ya. Selamat syuting! (EL)